Minggu, 16 Juni 2013

Model Pembelajaran untuk Bahasa Arab di Madrasah Ibtida'iyyah (MI)

Salam sejahtera buat sobat semua... 

Kali ini saya akan memberikan beberapa model pembelajaran yang komplet untuk bahasa arab di sekolah tingkat dasar, terutama di Madrasah Ibtidaiyah (MI). Saya akan memberikan preview dari buku yang dikarang oleh AZIZ FAKHRURROZI & 8ERTA MAHYUDIN dengan setebal 544 halaman, berikut ini :

MODUL 1

PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DAN HAKIKAT METODE PENGAJARAN BAHASA ASING, yang meliputi Problematika Pembelajaran Bahasa Arab, Hakikat Pendekatan, Metode dan Teknik, Dasar-dasar Linguistik Pengajaran Bahasa, dan Dasar-Dasar Psikologi Pengajaran Bahasa.

MODUL 2

METODE PENGAJARAN BAHASA ASING I, yang meliputi Metode Tata Bahasa-Terjemah, Metode Langsung, Metode Membaca, dan Metode Audiolingual.

MODUL 3 :

METODE PENGAJARAN BAHASA ASING II, yang meliputi Persiapan Pembelajaran Mikro, Metode Respon Fisik Total, Metode Guru Diam, dan Metode Belajar Bahasa Berkelompok.

MODUL 4 :

METODE PENGAJARANBAHASA ASING III, yang meliputi Metode Alamiah, Metode Suggestopedia, Metode Eklektik, dan Beberapa Metode Alternatif.

MODUL 5 :

METODE PENGAJARAN KOMPONEN BAHASA, yang meliputi Makna dan Urgensi Pengajaran Mufradat, Prosedur dan Teknik Pengajaran Mufradat, Makna dan Urgensi Pengajaran Tata Bahasa, dan Prosedur dan Teknik Pengajaran Tata Bahasa.

MODUL 6 :

METODE PENGAJARAN KEMAMPUAN RESEFTIF BAHASA, yang meliputi Makna dan Urgensi Pengajaran Maharah al-Istima’, Prosedur dan Teknik Pengajaran Aswat danMaharah al-Istima’, Makna dan Urgensi Pengajaran Maharah al-Qira’ah, dan Prosedur dan Teknik Pengajaran Maharah al-Qira’ah.

MODUL 7 :

METODE PENGAJARAN KEMAMPUAN PRODUKTIF BAHASA, yang meliputi Makna dan Urgensi Pengajaran Maharah al-Kalam, Prosedur dan Teknik Pengajaran Maharah al-Kalam, Makna dan Urgensi Pengajaran Maharah al-Kitabah, dan Prosedur dan Teknik Pengajaran al-Kitabah.

MODUL 8 :

PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH IBTIDA’IYAH, yang meliputi Tinjauan Pembelajaran Bahasa Arab Untuk Anak-Anak, Pengajaran Komponen Bahasa Arab di MI, Pengajaran Keterampilan Berbahasa Lisan di Madrasah Ibtidaiyah, dan Kegiatan Pengajaran Keterampilan Tulisan di Madrasah Ibtidaiyah.

MODUL 9 :

EVALUASI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB, yang meliputi Hakikat Evaluasi dalam Pembelajaran Bahasa Arab, Evaluasi Komponen Bahasa, Evaluasi Keterampilan Reseptif Bahasa Arab, dan Tes Kemampuan Produktif Bahasa Arab.

Baiklah, jika anda ingin download “PEMBELAJARAN BAHASA ARAB” klik disini atau disana.

Jika anda mengalamai kesulitan saat download file ini, hubungi saya lewat email.

Tidak ada komentar: