Sabtu, 08 Juni 2013

Windows Explorer Hang?

Mengatasi Windows Explorer yang Sering Hang pada Windows 7

Suatu ketika, penulis diminta memeriksa sebuah netbook milik salah seorang teman yang mengalami masalah. Masalah yang dialami netbook tersebut adalah sering hang ketika membuka folder pada Windows Explorer. Windows yang digunakan adalah Windows 7 Ultimate. Penulis sudah mencoba beberapa cara untuk mengatasinya; menggunakan System Restore, mendefrag harddisk, meng-uninstall beberapa software yang diduga dapat memperberat kinerja komputer, dan beberapa cara lain yang penulis ketahui untuk memperbaiki error pada Windows. Namun semua cara tersebut sama sekali tidak berhasil.

Karena sudah kehabisan akal, penulis berniat untuk menginstall ulang Windows pada netbook tersebut. Tetapi ketika ingin menginstall ulang, penulis lupa membawa CD Windows dan peralatan lain yang diperlukan. Akhirnya, penulis googling sana-sini untuk mencari cara lain untuk memperbaiki Windows Explorer yang sering hang tersebut. Dan ternyata penulis menemukan cara yang cukup mudah dan cukup ampuh untuk memperbaikinya.

Sebelum penulis menjelaskan langkah-langkah memperbaiki Windows Explorer yang sering hang, sobat IT perlu mengetahui penyebab hang dari Windows Explorer tersebut. Bagi pengguna Operating System Windows (terutama Windows 7), kasus seperti ini memang cukup sering terjadi. Ketika sobat membuka sebuah folder, sobat tidak bisa berpindah ke folder yang lain. Ketika sobat mencoba menutup folder tersebut, akan muncul kotak dialog dengan tulisan “Windows Explorer has stop working”. Ada kemungkinan penyebabnya adalah crash atau kerusakan dari aplikasi atau file bawaan Windows 7 itu sendiri. Pada Windos XP, kasus seperti ini jarang ditemukan, apalagi pada Windows 8.

Lalu bagaimana cara menyembuhkan “penyakit” tersebut? Yuk ikuti langkah-langkah berikut ini.
  1. Tekan tombol Windows-r untuk membuka kotak dialog Run.
  2. Ketikkan gpedit.msc, kemudian tekan enter.
  3. Setelah itu, masuk ke Computer Configuration\Administrative Templates\System\Internet Communication Management\Internet Communication Settings (bagi pengguna screen reader, tanda \ artinya tekan panah kanan. Jadi, cari Computer Configuration dengan panah bawah, lalu tekan panah kanan. Kemudian cari Administrative Templates, tekan panah kanan lagi. Begitu seterusnya).
  4. Setelah itu, cari Turn off Windows Customer Experience Improvement Program. Lalu klik kanan dan pilih Edit (bagi pengguna screen reader, tekan tab sekali dan cari Turn off Windows Customer Experience Improvement Program dengan panah bawah. Kemudian tekan tombol aplikasi, cari Edit, tekan enter).
  5. Berikan tanda centang pada tulisan Enabled, lalu klik OK (bagi pengguna screen reader, tekan tab sampai screen reader mengatakan not configured, lalu tekan panah bawah sampai screen reader mengatakan enabled. Lalu tekan tab sampai screen reader mengatakan OK, tekan enter).
  6. Terakhir, tutup jendela gpedit (tekan alt-f4), lalu restart komputer.

Setelah mengikuti langkah-langkah di atas, kemungkinan besar Windows Explorer sobat tidak akan mengalami hang lagi. Tetapi jika masih sering hang, penulis menyarankan untuk menghapus software-software yang sekiranya dapat memperberat kinerja komputer. Gunakan juga software pihak ketiga, misalnya CCleaner, TuneUp Utilities, Glary Utilities, dan software yang sejenis untuk membersihkan file-file sampah dan registry yang sudah tidak terpakai. Jika masih sering hang juga, jalan terakhir yang harus ditempuh adalah install ulang Windows alias format.

Sekian tips yang dapat penulis berikan. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar: