Rabu, 12 Juni 2013

Cara Menjaga Kesehatan Mental

Hallooo mas bro n mbak sis, jumpa lagi dengan ane sang pendiri usaha Super GEJE, Fauzi Printing. Hahahaha... Kali ini ane akan mengupdate tulisan mengenai suatu hal yang sering kita alami, yaitu Tingkat Kestabilan Mental. Tulisan ini ane ambil dari harian Bontang Post yang ane temu dalam koran bekas. Wah apa2 ngambil dari yang bekas2 yach? Wuahahahahahaha.... Yuk kita simak berikut ini, semoga bermanfaat untuk kehidupan kita.

HINDARI SAKIT MENTAL

Mempunyai mental yang stabil adalah salah satu kunci untuk bisa bertahan hidup dalam menghadapi segala rintangan. Ketika hal buruk terjadi dalam hidup, orang-orang tersebut biasanya mampu untuk bangkt kembali dan tetap produktif.

Ketahanan mental juga dipengaruhi oleh pengalaman hidup masing-masing orang. Kesehatan mental atau emosional mengacu pada kesejahteraan psikologis secara kesuluruhan. Hal tersebut termasuk cara menilai diri sendiri, menjaga kualitas hubungan, kemampuan untu mengelola perasaan dan menghadapi kesulitan.

Kesehatan mental yang baik bukan hanya tidak adanya masalah kesehatan mental. Mental atau emosional yang sehat adalah yang jauh dari depresi, kegelisahan, atau masalah psikologis lain. Kesehatan mental mengacu pada adanya karakteristik positif.

Sebagian orang mungkin tidak memiliki perasaan negatif, namun masih perlu melakukan hal-hal yang membuat merasa positif untuk mencapai mental yang sehat. Berikut ini cara untuk selalu menjauhi sakit mental seperti yang dikutip dari HelpGuide, Rabu (29/02/2012) :

1.    Memiliki rasa perasaan kepuasan yang tidak terlalu tinggi.
2.    Semangat untuk hidup dan kemampuan untuk tertawa dan bersenang-senang.
3.    Memiliki tujuan yang baik dalam kegiatan dan hubungan.
4.    Fleksibilitas untuk belajar hal baru dan beradaptasi dengan perubahan.
5.    Keseimbangan antara bekerja dan menghibur diri.
6.    Kemampuan untuk membangun dan mempertahankan hubungan yang memuaskan.
7.    Percaya diri.

Menjaga kesehatan fisik adalah langkah pertama untuk menjaga kesehatan mental dan emosional. Pikiran dan tubuh saling berhubungan. Ketika meningkatkan kesehatan fisik, secara otomatis akan berdampak positif pada kesehatan mental. Cara untuk menjaga kesehatan fisik yang sekaligus akan berdampak pada kesehatan mental antara lain :

a.    Cukup Istirahat
Untuk memiliki kesehatan mental dan emosional yang baik, penting untuk merawat tubuh, termasuk cukup tidur. Kebanyakan orang membutuhkan 7-8 jam tidur setiap malam agar dapat berfungsi secara optimal.
b.    Pola Makan Yang Baik
Pola makan juga mempengaruhi energi dan suasana hati. (jadi jangan sampai pola makan kita tidak teratur, telat makan, ataupun menu tak pernah berubah masbro)
c.    Olahraga
Olahraga tidak hanya memperkuat jantung dan paru-paru, tetapi juga melepaskan endorfin, yaitu bahan kimia kuat yang memberikan kita energi dan meningkatkan suasana hati. 
d.    Mendapatkan Sinar Matahari Yang Cukup Setiap Hari
Sinar matahari dapat meningkatkan suasana hati, jadi cobalah untuk mendapatkan setidaknya 10-15 menit paparan sinar matahari per hari.
e.    Batasi Alkohol dan Menghindari Rokok
Alkohol dan Rokok adalah stimulan yang tidak wajar yang dapat membuat merasa baik dalam waktu pendek, tetapi memiliki konsekuensi yang panjang negatif bagi suasana hati dan kesehatan mental.
 

Nah itulah tulisan yang dapat ane update pada kali ini. Ane pernah juga mengalami mental yang tak stabil, jadinya kadang ane merasa hidup ini tak berguna. Ternyata bagi ane salah satu dari cara di atas berguna juga, namun tambahlah dengan memperbanyak ibadah kepada Tuhan. Karena kepada-Nya lah kita menumpahkan segala perasaan yang tidak nyaman dalam aspek kehidupan kita. Salam sukses buat mas bro n mbak sis semua. Usahakan untuk selalu BERPIKIR POSITIF, apapun yang terjadi biarlah terjadi dan bangkitlah setiap kita jatuh saat kita tak merasakan kenyamanan.

Sumber : Harian BONTANG POST, tanggal 02 Maret 2012, Jumat.

Tidak ada komentar: